Subscribe:

Siapa yang tidak kenal dengan Mark Elliot Zuckerberg. Seorang programmer asal Amerika Serikat yang lahir 14 mei 1984. Anak dari pasangan Edward dan Karen Zuckerberg. Menjadi kaya di umurnya yang relatif muda karena berhasil mendirikan dan mengembangkan situs jaringan sosial Facebook di saat masih kuliah dengan bantuan teman kuliahnyanya Andrew McCollum dan teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hugnes.Yang hingga Saat ini mereka masih memegang jabatan penting di Facebook.


Mungkin ini tidak pernah diduga oleh Mark Zuckerberg. Founder, pendiri, sekaligus pembuat Facebook yang sekarang menjadi miliarder termuda di Amerika bahkan di dunia.Bahkan Majalah Forbes mencatatnya sebagai milyarder termuda, atas usaha sendiri dan bukan karena warisan.

Siapa sangka situs jaringan pertemanan antar kalangan kampus kemudian bisa menghasilkan ajang pertemanan yang mendunia dan menjadi trend saat ini.Facebook sebenarnya dibuat sebagai situs jaringan pertemanan terbatas pada kalangan kampus pembuatnya, yakni Mark Zuckerberg. Sebagai mahasiswa Harvard University, ia saat itu mencoba untuk membuat satu program yang bisa menghubungkan teman-teman satu kampusnya. Karena itulah, nama situs yang digagas oleh Mark adalah Facebook. Nama ini ia ambil dari buku Facebook, yaitu buku yang biasanya berisi daftar anggota komunitas dalam satu kampus. Pada sejumlah kampus dan sekolah di Amerika Serikat, buku ini diberikan kepada mahasiswa atau staf fakultas yang baru agar bisa lebih mengenal orang lain di kampus bersangkutan.

Pada sekitar tahun 2004, Mark yang memang memiliki hobi mengotak-atik program pembuatan website berhasil menulis kode orisinal Facebook dari kamar asrama yang ditinggalinya. Untuk membuat situs ini, ia hanya butuh waktu sekitar dua mingguan. Ia pun mengumumkan situsnya dan menarik rekan-rekannya untuk bergabung. Hanya dalam jangka waktu relatif singkat, sekitar dua minggu, Facebook telah mampu menjaring dua per tiga lebih mahasiswa Harvard sebagai anggota tetap.

Mendapati Facebook mampu menjadi magnet yang kuat untuk menarik banyak orang bergabung, ia memutuskan mengikuti jejak seniornya, Bill Gates si penemu Microsoft, yaitu memilih drop out atau mangkir dari kuliahnya untuk serius mengerjakan proyeknya dan kemudian membuka keanggotaan Facebook untuk umum.

Mark ternyata tak hanya sekadar nekad. Ia punya banyak alasan untuk lebih memilih serius terhadap Facebook. Mark dan rekannya berhasil membuat Facebook jadi situs jaringan pertemanan yang segera melambung namanya, mengikuti tren Friendster yang juga berkembang kala itu. Tapi, agar punya nilai lebih, Mark pun mengolah Facebook dengan berbagai fitur tambahan yang tidak dipunyai Friendster. Dan sepertinya kelebihan fitur inilah yang membuat Facebook makin digemari.

Kejelian Mark dalam melihat peluang dan sekaligus menemukan Jiwanya memang menjadi hal yang luar biasa. Niatnya yang hanya untuk sekedar menyatukan komunitas kampusnya, berbuah manis dan berdampak besar bagi banyak orang. Termasuk kita yang sehari-harinya tidak pernah bisa untuk lepas dari yang namanya "facebook". Update status di facebook, komentar di facebook, nulis catatan di facebook, promosi blog di facebook, iklan di Facebook, narsis di facebook, sampe mamerin photo pacar di facebook.
Peace akh,,... :))

2 komentar:

xamthoneplus.info said...

masih muda sudah terkenal dan mempunyai ide yang sangat bagus,
salut banget,nyiptain yang lebih bagus laginya mas buat indonesia kita ini,

Obat Tradisional Sakit Gigi said...

itulah hasil dari keseriusan dan ketekunan yang menjadikan internet sebagai pengetahuan yang fositif. selain beliau sukses dengan pendapatanya, beliau juga jadi orang terkenal kan se Dunia. weleh weleh mantap banget deh mark.
good luck

Post a Comment

masukan komentar anda!

 
Copyright 2009 jadiLah yang terbaik